<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d20516250\x26blogName\x3dHASTO+ANGGORO\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLACK\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://hastoanggoro.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://hastoanggoro.blogspot.com/\x26vt\x3d-1630897612512426575', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Pepsi Rebrand

November 20, 2008


Foto diambil dari TheDieLine

Pepsi ganti identity. Wow! itu reaksi pertama yang saya keluarkan. Not a good wow actually. Brand sebesar PepsiCo berani mengambil resiko yang sangat besar merubah identity mereka. Brand awareness Pepsi sebenarnya sudah sangat baik. Identity bola itu sudah melekat di benak konsumen. Simple yet memorable. Eh, ini malah diganti dengan identity yang sori-sori aja nih, sedikit cheesy. Berikut pros dan cons menurut saya :

Pros :
  1. Tidak ada lagi emboss dan render yang tidak perlu
Cons :
  1. Dominasi merah lebih kuat. Kalau dari teori pasar, lebih baik Pepsi mengambil warna biru. Karena merah sudah milik Coca-Cola. Masih mending identity lama, seimbang merah-birunya, dengan background biru. Sehingga look secara keseluruhan tetap biru.
  2. Font. Secara pribadi, saya cocok dengan typeface itu. Hanya kalau diterapkan di brand sebesar Pepsi kok rasanya kurang 'bold'. Dan juga, kenapa mesti smallcaps? Biar terlihat mudakah?
  3. Logomarknya. Ini dia blunder paling fatal. Apa sih maksudnya? Burung? Orang ketawa? Atau gara2 FengShuinya bagus? (mengarah ke atas). Kalau iya, masih lebih bagus identity lama dong. Yin Yang.

(Hanya saja, semakin kontroversial sebuah identity, semakin mudah awareness didapat. Mungkin itu tujuannya ...)

  1. Blogger The Private Bartender said:

    mas, gmn klo ulasannya ditambahin juga, soal rebranding merek2 minuman alkohol kayak Johnnie Walker atau Bacardi, kayaknya bs lbh seru tuh!

    salam!

leave a comment